Ester Sondang Putri Purba
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 060916 pada materi bilangan pecahan penjumlahan dan pengurangan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT).
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) jenis Kemmis dan Mc. Taggart Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 25 anak. Teknik pengumpulan data untuk melihat pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe NHT menggunakan observasi, sedangkan untuk melihat hasil belajar siswa menggunakan tes. Instrument penelitian menggunakan lembar tes dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam pembelajaran Matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pecahan siswa kelas IV SD Negeri 060916 Sunggal. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas IV dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar siswa rata-rata pra siklus sebesar 22,6, siklus I sebesar 58,8 dan pada siklus II sebesar 81. Tingkat ketuntasan pada pra siklus adalah 0% pada siklus I menjadi 40% dan pada siklus II menjadi 92%. Model pembelajaran kooperatif tipe NHT juga dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Partisipasi siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari 62,5% menjadi 89,06%.